Selasa, 29 Maret 2011

BAB 6. MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Nama :Jonathan Mardi Halim
NPM :53410776
Kelas :1IA09
Manusia dan Pandangan Hidup

Pengertian pandangan hidup 
Pandangan hidup itu bersidat kodrati. Karena itu ia menentukan masa depan seseorang . Untuk itu perlu dijelaskan pula apa arti pandangan hidup. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimabangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau prtimabgana itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tampat hidupnya.
Pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam:
  • Pandangan hidup yang berasal dari agama
  • Pandangan hidup yang berupa ideologi
  • Pandangan hidup hasil renungan.
Apabila pandangan hidup itu diterima oleh kelompok orang sebagai pendukung suatu organisasi, maka pandangan hidup itu disebut ideologi. Jika organisasi itu organisasi politik maka ideologinya disebut ideologi politik, jika organisasi itu negara , ideologinya disebut ideologi negara.

Pengertian Cita-cita
Menurut kamus umum bahasa Indonesia, yang disebut cita-cita adalah keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Baik keinginan, harapan maupun tujuan yang mau diperoleh seseorang pada masa mendatang. Dengan demikian cita-cita merupakan pandangan masa depan, merupakan pandangan hidup yang akan datang. Pada umumnya cita-cita merupakan sebuah garis linier yang makin lama makin tinggi, dengan kata lain, cita-cita merupakan keinginan, harapan dan tujuan manusia yang makin tinggi tingkatannya.


Pengertian Kebajikan
Kebajikan atau Kebaikan merupakan perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakikatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang seuai dengan norma-norma agama dan etika
Jadi kebajikan itu adalah perbuatan yang selaras dengan suara hati kita, suara hati masyarakat dan hukum Tuhan. Kebajikan berarti berkata sopan,santun, berbahasa baik, bertingkah laku baik, ramah tamah terhadap siapapun.

Faktor-faktor yang menentukan tingkah laku seorang manusia antara lain:

  • Faktor pertama adalah pembawaan(heriditas) yang telah ditentukan pada waktu seseorang masih dalam kandungan. Pembawaan merupakan hal yang diturunkan dari orang tua.
  • Faktor kedua adalah lingkungan (enviroment). Lingkungan merupakan alam kedua yang terjadinya seetelah seorang anak lahir.
  • Faktor ketiga adalah pengalaman (experience) yang telah dialami oleh seorang manusia baik itu baik atau buruk
Pengertian Usaha/Pejuangan
Usaha/Perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita. Setiap Manusia harus kerja keras untuk kelanjutan hidupnya. Sebagian hidup manusia adalah usaha /perjuangan.Perjuangan untuk hidup adalah kodrat dari manusia, tanpa usaha manusia tidak dapat sempurna, hasil yang diterima setimbang denga usaha yang dikerahkan.

Pengertian Keyakinan/Kepercayaan
Keyakinan/kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan Tuhan. Menurut Prof.Dr.Harun Nasution ada 3 aliran filsafat yaitu:
  1.  Aliran Naturalisme, hidup manusia dihubungkan dengan kekuatan gaib yang merupakan kekuatan tertinggi. Kekuatan gaib itu dari natur dan itu Tuhan
  2.  Aliran Intelektualisme, dasar aliran ini menggunakan logika atau akal
  3.  Aliran Gabungan, dasar aliran ini ialah kekuatan gai dan juga akal.
 Langkah-langkah Berpandangan hidup yang baik
  1.  Mengenal: mengenal merupakan tahap pertama dari setiap aktivitas hidupnya yang dalam hal ini mengenal apa itu pandangan hidup
  2. Mengerti: tahap kedua untuk berpandan hidup, maksud mengerti disini adalah mengerti terhadap pandangan hidup itu sendiri.
  3. Menghayati: tahap ketiga yang berarti menghayati akan nilai-nilai yang terkadung di dalamnya
  4. Meyakini: mengetahui akan kebenaran dan validitas dari pandangan hidup itu sendiri.
  5. Mengabdi: menghayati dan mengabdi pada pandangan hidup yang telah dipegang.
(Sumber:elearning.gunadarma.ac.id )

Opini
Opini saya tentang pandangan hidup, pandangan hidup adalah suatu pegangan atau cara pandang ke depan yang harus dimiliki oleh tiap insan manusia. Karena tanpa adanya pandangan hidup, kehidupan orang tersebut tidak akan memiliki arti, karena ia tidak memiliki apa yang hendak ia kerjakan atau apa yang ingin ia capai dalam hidup ini. Oleh karena itu pandangan hidup sangatlah penting dalam memacu atau mendorong manusia.

Pandangan hidup tidak terlepas dari usaha manusia itu sendiri, percuma apabila seorang manusia mempunyai pandangan hidup tetapi ia tidak berusaha untuk menjalankannya. Apapun kehendaknya pasti akan susah akan terwujud, oleh karena itu hasil yang didapat oleh seorang manusia berbanding lurus dengan usaha yang dilakukannya. Jadi apabila pandangan hidup kita ingin tercapai maka kita juga harus menumbuhkan niad dan tekad untuk menjalankan cara pandang kita tersebut.Kiranya itu opini saya tentang pandangan hidup, mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar