Selasa, 01 Maret 2011

Bab 2. Manusia dan Cinta Kasih

 
Nama: Jonathan Mardi Halim
Npm  :53410776
Kelas :1IA09
Manusia dan Cinta Kasih
1.Pengertian Cinta Kasih
Cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.Cinta kasih juga dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
      
                                                        
 2. 3 unsur cinta

pengertian cinta menurut Dr sarlito w sarwono bahwa cinta memiliki 3 unsur yaitu
1.keterikatan
adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia, ada uang sedikit beli hadiah untuk dia
2.keintiman
adanya kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi panggilan formal seperti bapak, ibu saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan sayang dan sebagainya.makan sepiring berdua
3.kemesraan
adanya rasa ingin membelai dan dibelai, rasa kangen rindu kalo jauh atau lama tak bertemu, adanya ungkapan ungkapan rasa sayang dan seterusnya


3.  3 Tingkatan Cinta
Cinta memiliki tiga tingkatan, yaitu tinggi, menengah dan rendah:.
-Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada tuhan.
-Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orangtua, anak, saudara, istri atau suami        dan kerabat.
-Cinta tingkat terendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat,   harta dan tempat tinggal.

4. Bentuk Cinta
  1. Eros, asal kata ini adalah dari dewa mitologi Yunani, Eros, yang adalah dewa cinta. Eros adalah cinta manusia semata, yg diinspirasi oleh sesuatu yang menarik dalam objeknya. Eros merupakan cinta yang tumbuh dari seseorang kepada yang lain. Misalkan, Zen suka sama gw karna gw cantik. hehe… misalkan lho, jangan sewot gituw ah. N faktor x lainnya yg berhubungan dengan fisik sehingga menimbulkan gairah sex, seperti dalam Inggrisnya “Erotic”.
  2. Storge – Storge adalah ikatan alami antara ibu dan anak, bapak, anak-anak, dan sodara. William Barclay menyebutkan, “kita tidak bisa tidak mengasihi anak-anak dan sodara kita; darah lebih kental daripada air” (N.T. Words, 1974).
  3. Philia, setingkat lebih tinggi dari eros, berhubungan kejiwa daripada tubuh. Ini adalah cinta antar sahabat. Menyentuh kepribadian manusia—intelektual, emosi, dan kehendak, melibatkan saling berbagi. Cinta yg timbuh dari perhatian dan kebersamaan. Ada sedikit eros dalam philia. Kita memilih teman karena kesenangan yang bisa kita dapatkan dari mereka. Ada kualitas pribadi dalam mereka yang kita hargai, kepintaran dan ketertarikan budaya, dan ekspresi diri yang saling memuaskan.

5.Pengertian Kasih Sayang
Kasih sayang adalah sikap memberikan atau menyebarkan perasaan sayang secara tulus terhadap orang lain tanpa peduli apakah orang lain itu akan membalas dengan perasaan yang sama kepada kita.
6. Pengertian Kemesraan
Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. Kemesraan juga bersumber dari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. Kemesraan dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih.
Tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur, yaitu:
  • Kemesraan dalam Tingkat Remaja, terjadi dalam masa puber atau genetal pubertas yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat.
  • Kemesraan dalam Rumah Tangga, terjadi antara pasangan suami istri dalam perkawinan. Biasanya pada tahun tahun wal perkawinan, kemesraan masih sangat terasa, namun bisa sudah agak lama biasanya semakin berkurang.
  • Kemesraan Manusia Usia Lanjut, Kemsraan bagi manusia berbeda dengan pada usia sebelumnya. Pada masa ini diwujudkan dengan jalan – jalan dan sebagainya.
7. Pengertian Pemujaan
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada Tuhan yang tidak dapat  dipisahkan dari kehidupan manusia. Contohnya seperti di Pura Agung Batam yang menyembah dewa Durga. Pura ini merupakan tempat ibadah umat Hindu terbesar di Batam.
8.Pengertian Belas Kasih
Ada sebuah penggalan kisah menarik dari sejarah kehidupan Napoleon. Pada suatu ada seorang ibu yang mendatangi Napoleon dan meminta pengampunan bagi putranya. Saat itu putranya akan dihukum mati.Napoleon pun mengingatkan bahwa kejahatan anaknya sudah keterlaluan, dan keadilan yang paling tepat bagi tindakan kriminal yang dilakukan anaknya adalah hukuman mati. Begini jawaban si ibu,"sir, not justice, but mercy.." "Tetapi yang aku mohon bukanlah keadilan, namun belas kasihan". Demikian katanya. Napoleon kemudian menjawab: "tapi anakmu tidak layak menerima belas kasihan!" Dan si ibu kembali berkata sambil menangis: "tuan, bukanlah belas kasihan namanya jika ia layak menerimanya.." Napoleon tertegun sejenak, kemudian berkata: "benar juga..ibu benar.. aku mau memberikan belas kasihan." Dan anaknya pun dibebaskan.
Belas kasih dianugrahkan pada manusia yang sebenarnya tidak layak menerimanya. Itulah inti dasar dari sebuah belas kasih. Kita manusia yang setiap hari berlumur dosa, dan ganjaran yang sesuai adalah kebinasaan. Tapi lihatlah betapa Tuhan mengasihi kita.

Opini
Opini tentang cinta, menurut saya Cinta adalah suatu perasaan yang layak diterima maupun diberikan oleh setiap orang di muka bumi ini, karena tanpa cinta maka setiap orang akan merasa ada bagian yang hilang dari dirinya.  Dan setiap orang mempunyai caranya sendiri dalam mengekspresikan cinta, bisa dibilang cinta itu sangat rumit dan kita tidak bisa dengan mudahnya berkata bahwa “itu cinta” atau “itu bukan cinta” karena penafsiran cinta tiap orang itu berbeda-beda.
Perasaan cinta juga tidak lepas kasih sayang, kedua sifat ini sangat dibutuhkan dalam menjalin hubungan dengan seseorang yang kita cintai. Dimana kita harus bisa mencintai pasangan kita, baik itu sisi baiknya maupun sisi buruknya, karena setiap manusia tidaklah sempurna dan kehadiran dari pasangan itulah yang dapat menyempurnakan ketidaksempurnaan yang dimilikinya. Arti sempurna disini bukanlah sempurna dalam arti tidak mempunyai kekurangan, tetapi lebih kearah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.
Dan cinta tidak hanya dapat diterapkan kepada kekasih, keluarga atau orang terdekat saja, cinta juga dapat diterapkan dalam berbagai aspek, seperti cinta tanah air, cinta kebudayaan, dan sebagainya. Dan kiranya itulah opini saya tentang cinta kasih, dan mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar