Jumat, 09 Maret 2012

Social Network


Nama :Jonathan Mardi Halim
Kelas:2IA14
NPM  :53410776

di zaman yang serba modern ini hampir tiap orang memiliki social network, saya akan menjelaskan salah satu social network yaitu Twitter.





1.Sejarah.
Twitter adalah salah satu social network yang lumayan digemari saat ini, twitter dikembangkan dan diciptakan oleh Jack Dorsey.
pada awalnya Jack Dorsey sangat terobsesi dengan peta, ia ingin membuat peta yg dapat dimasukan kedalam perangkat lunak. Pria kelahiran St Louis,AS, 19 November 1976 itu pada tahun 2001 bekerja pada perusahaan pengiriman barang, Jack Dorsey tetap trobsesi bagaimanapeta bisa diaplikasikan ke telepon genggam. Namun seiring berjalannya waktu Dorsey terpaksa mengubur keinginannya membuat peta berjalan ini.
Suatu hari Dorsey mengirimkan email ke daftar email teman-temannya, email itu berisikan "hai, aku sedang di Golden Gate Bison Park". sebagian dari teman-temannya menjawab mengapa Dorsey harus repot-repot memberitahu teman-temannya. "Saya hanya berpikir bahwa pesan itu meski pendek tetapi tepat waktu" ujar Dorsey. Pada diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007. Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif. Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.


2.konsep
Inpirasi dasar dari twitter muncul dari SMS group messaging service TXTMob, twitter pada awalnya bernama "twttr" yang terinspirasi dari situs sharing foto "flikr" dan layanan ini hanya dapat digunakan dalam internal perusahaan Odeo saja, pada Juli 2006 layanan ini mulai diluncurkan untuk public dengan nama "Twitter". Nama layanan ini diperkuat dengan logo dan arti nama "Twitter" yang artinya "kicau burung"


seperti yang anda lihat diatas, Twitter menggunakan konsep seperti berikut:

  1. Tweet Author: bagian ini menampilkan pembuat tweet, dimana username author akan ditampilkan disini.
  2. @mentions: dibagian ini ditampilkan kepada siapa tweet ditujukan.
  3. Hashtags : hashtags digunakan untuk topik tertentu, apabila hastags dilengkapi dengan berbagai karakter, maka hashtags akan menyambungkan ke link tertentu.
  4. URLs : jika URL disertakan kedalam tweet, maka URL tersebut akan dihubungkan dengan URL yang sebenarnya melalui API.
  5. Branding: jika Tweet ditampilkan secara independent maka logo Twitter akan disertakan di tweet tersebut.
     A. Avatar User: Avatar/Tampilan yang digunakan oleh user akan ditampilkan pada tweet yg ditulis.
     B. Timestamp: pada saat Tweet diterbitkan maka akan disertakan waktu pada saat tweet terbit.
     C. Tweet Actions: pada sebuah tweet akan disertakan pilihan-pilihan yang dapat digunakan oleh user lain untuk menanggapi tweet tersebut.


3.Teknologi yang Digunakan

Sebagai salah satu social network, ada banyak teknologi yang diterapkan didalam twitter. Antara lain seperti API, Twemproxy, Tworse Key, dll. API adalah salah satu fitur di twitter dimana apabila user menyertakan URL didalam tweet yang ditulis maka URL tersebut akan disingkat, fitur tersebut menghemat karakter yang digunakan, dimana pada twitter jumlah karakter/tweet dibatasi hanya sampai 140 karakter saja.

(Sumber: https://dev.twitter.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar